Albariq
Vol. 1 No. 2 (2020)

Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu

Jafar Sidik (Unknown)
Nursyam (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 90 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis instrument meliputi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel profesionalisme guru terhadap variabel hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu. Adapun besar tingkat pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu ditemukan bahwa sebesar 40.1% sedangkan sisanya sebesar 59.9% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

albariq

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Jalan Diponegoro No. 23 Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah ...