JNANALOKA
Vol. 01 No. 02 September Tahun 2020

Peningkatan kreativitas dan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui Penggunaan mind map interaktif dengan media MS PowerPoint di SMK Negeri 2 Magelang

Natalia Mimik Hari Mulyani (Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, SMK Negeri 2 Magelang, Jalan Jendral Ahmad Yani No. 135A, Magelang, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Guru yang kreatif, profesional, dan menyenangkan harus memiliki konsep dan cara untuk mendongkrak kualitas pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan pendekatan dan memilih metode pembelajaran yang efektif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan pada siswa Kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Humas dan Keprotokolan 2 (OTKP-2) pada semester genap tahun 2019/2020 pada mata pelajaran PPKn. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes formatif (tertulis) dan tes penugasan (mind map interaktif menggunakan media MS PowerPoint yang dibuat oleh siswa. Hasil dari PTK ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik mind map menggunakan MS PowerPoint terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa dan persepsi positif siswa. Persepsi siswa mengenai teknik mind map adalah positif yang diungkapkan dengan pernyataan siswa bahwa teknik tersebut menghemat waktu, meningkatkan kemandirian, menumbuhkan kreativitas. Tampak pula bahwa siswa ingin sering menggunakan mind map dengan MS PowerPoint di setiap pelajaran. Penggunan mind map dapat memecahkan masalah, menumbuhkan ide-ide baru yang pada umumnya bersifat orisinal dan unik, dan menimbulkan perasaan senang pada siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jnanaloka

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Transportation Other

Description

JNANALOKA merupakan jurnal ilmiah berbasis blind peer review dan open access terbit mulai tahun 2020 dipublikasikan oleh Lentera Dua Indonesia. Jurnal terbit sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun yakni bulan Maret dan September. Redaksi Jurnal JNANALOKA menerima artikel ilmiah orisinil lintas bidang ...