ABSTRAKSIPengertian akhlak menurut Ibn Miskawaih yaitu kondisi jiwa manusia yang secara spontan mendorongnya untuk melakukan suatu perbuatan tanpa berpikir dan ragu. Karena menurut Ibn Miskawaih bidang akhlak termasuk salah satu yang mendasari konsepnya dalam pendidikan. Dan Ibn Miskawaih menjelaskan tentang dasar pendidikan, yang pertama adalah syari'at merupakan faktor penentu bagi lurusnya karakter manusia sehingga dapat memperoleh kebahagiaan. Yang kedua adalah psikologi, karena menurut Ibn Miskawaih karena antara pendidikan dan pengetahuan jiwa erat kaitannya untuk menjadikan karakter yang baik. Karena jika jiwa dipergunakan untuk hal yang baik, maka manusia akan sampai ketujuan yang mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibn Miskawaih secara aktual telah dilandasi oleh pemikirannya terhadap manusia yang fitrahnya tidak akan berubah, sehingga konsepnya selalu aktual dan tidak pernah usang, dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang sedang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini.Dalam mengaktualisasikan pendidikan akhlak, Ibn Miskawaih mencetuskan dua metode khusus. Pertama, adanya kemauan yang sungguh-sungguh untuk berlatih terus menerus dan menahan diri. Yang kedua, menjadikan semua pengetahuan dan pengalaman orang lain sebgai cermin bagi dirinya. Metode inilah yang di utamakan Ibn Miskawaih untuk tercapainya akhlak yang baik (akhlaqul karimah). Kata Kunci : Konsep Pendidikan, Akhlak, Ibn Miskawaih
Copyrights © 2016