ABSTRAKSIPancasila yang merupakan dasar Negara kita Indonesia mengandung nilai-nilai yang sinkron dengan ajaran Islam baik dilihat dari segi aqidah (kepercayaan), syari’ah (hukum) dan akhlak (moral). Pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Laporan penelitian ini murni menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yang bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam terhadap tujuan pendidikan Nasional. Sesuai dengan jenis dan sifat data yang diperoleh dari penelitian ini, maka tehnik analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat sinkronisasi antara nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam, yaitu pada masing-masing silanya sesuai dengan ajaran Islam, baik dari segi akidah, syariah, dan akhlak. Kedua, pengaruh nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam terhadap tujuan pendidikan nasional adalah sangat besar yaitu keduanya sama-sama dijadikan tolok ukur dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.Kata Kunci : Nilai-nilai Pancasila; Ajaran Islam; Tujuan Pendidikan; Nasional
Copyrights © 2016