ABSTRAKSI Penelitian ini adalah untuk mengungkap kompetensi guru dalam perspektif pendidikan Islam. Untuk itu tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui hakekat guru dalam pendidikan Islam (2) untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam perspektif pendidikan Islam. Secara umum penelitian ini mencakup jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian kepustakaan (library research) atau penelitian kepustakaan dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku yang ada kaitannya dengan masalah penelitian.kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Setelah penulis memperoleh rujukan yang relevan kemudian data tersebut disusun, di analisa, sehingga memperoleh kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam perspektif pendidikan Islam mencakup empat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru yakni : (1) kompetensi pedagogik, (2) kompetensi Kepribadian (personal relegius); (2) kompetensi sosial (sosial-relegius); (3) kompetensi profesional (profesional-relegius), Adapun hakekat guru dalam pendidikan Islam, Guru dalam Islam adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dengan mengupayakan seluruh potensinya, baik potensi afektif, potensi kognitif, maupun potensi psikomotorik, guru tidak hanya bertugas untuk mengajar yaitu mentransfer ilmu atau menyampaikan materi melainkan juga untuk mendidik yaitu lebih menekankan pada penbentukan pribadi anak dan pembentukan moral atau akhlak mulia anak didiknya. Kata Kunci : Kompetensi, Guru, pendidikan Islam.
Copyrights © 2016