JPS Unimus
Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

ANALISIS MATERI SUBJEK PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI DENGAN PEDAGOGI MATERI SUBJEK (PMS)

Muhammad Ijharudin (Unknown)
Dedi kuntadi (Unknown)
Rena Denya Agustina (Unknown)
Muhammad Minan Chusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2018

Abstract

Materi subjek sebagai salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran, yakni aspek konten, substantif, dan sintaktikal lebih di dominasi oleh aspek konten, sehingga kemampuan akan aspek sintaktikal peserta didik kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek konten, substantif, dan sintaktikal pembelajaran usaha dan energi yang dilakukan di kelas X MIA 4 MAN 2 Garut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif metode penelitian analisis wacana. Hasil analisis terhadap data yang didapat di lapangan menghasikan aspek konten sebesar 64.29%, aspek substantif sebesar 28.57% dan aspek sintaktikal sebesar 7.14%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek konten mendominasi aspek-aspek lain. Analisis aspek materi subjek yang terdapat pada pedagogi materi subjek (PMS) dapat digunakan untuk mengukur ketersampaian materi subjek pada kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...