Jurnal Tata Kelola dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi
Vol 5 No 1 (2019): Mei 2019

Evaluasi Kualitas Website Payment Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus Di PT.X)

Dian Permata Sari (Program Studi Magister Sistem Informasi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Komputer Indonesia)
Imelda Pangaribuan (Program Studi Magister Sistem Informasi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Komputer Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

Payment online merupakan sistem ticketing yang melayani jasa penerbangan, travel (bus dan kereta api), pulsa, payment dan lain-lain bagi anggotanya yang terdaftar sebagai agen dan dapat dilakukan pada berapa tempat di indonesia. Penggunaan website yang seiring waktu terus meningkat sehingga pentingnya perhatian tentang pengembangan web seperti metode evaluasi untuk memperoleh informasi yang dipercaya. Adapun permasalahan yang ada pada payment online yaitu kebutuhan terhadap kenaikan traffic bagi pengunjung website, perlunya peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja system diantaranya; kurang cepat tanggap respone e-mail dan team support terhadap pelanggan, pelayanan top up, pengisian deposit yang tidak 1x24 jam dan upgrade notification, serta harga yang masih dirasa belum kompetitif terhadap pesaing sejenisnya. Pada penelitian ini peneliti memanfaatkan 147 data populasi dengan survey online dan 30 data sampel diambil secara acak berdasarkan kebutuhan bisnis terhadap agen, observasi dan wawancara terhadap orang-orang terkait pada payment online. Data yang didapat akan diolah dengan bantuan statistik menggunakan aplikasi SPSS 20 dengan metode WebQual 4.0 dan model analisis regresi berganda yang diharapkan membantu dalam tahapan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas website pada usability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) Kualitas website pada information Quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan (3) Kualitas website terhadap interaction quality berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya jika kualitas website pada payment online meningkat maka kepuasan pelanggan juga meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtk3ti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal yang diterbitkan berkala oleh Magister Sistem Informasi UNIKOM dua kali dalam setahun. Materi berisi keilmuan sistem informasi seperti: Manajemen Sistem Informasi, ERP, EAP, Kerangka Kerja TI, Tata Kelola TI, Manajemen Resiko, COBIT, Stakeholder Management, CRM, Change Management, IT ...