Journal of Educational Review and Research
Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NUMBER 2 DECEMBER 2019

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NOVEL REMAJA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SMP NEGERI 12 SINGKAWANG

Sri Rahayu (STKIP Singkawang)
Eti Sunarsih (STKIP Singkawang)
Fitri Fitri (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan keterampilan membaca novel siswa baik sebelum diberikan model pembelajaran mind mapping, melihat peningkatan keterampilan membaca novel siswa sesudah diberikan model pembelajaran mind mapping, dan mengetahui peningkatan keterampilan membaca novel siswa kelas VIII C SMP Negeri 12 Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini tidak menarik sampel sebab jumlah populasi relatif sedikit dan masih dapat dijangkau oleh peneliti dalam suatu penelitian. Hasil pra siklus yang diberikan oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia sebelumnya masuk dalam kategori tidak tuntas hal ini dibuktikan bahwa rata-rata nilai membaca novel sebesar 58,79% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca novel dengan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 12 Singkawang, pada siklus I mencapai 69,10% dan pada siklus II mencapai 89,40% mengalami peningkatan sebesar 20,30%. Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca novel dengan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 12 Singkawang, pada siklus I mencapai 79,25% dengan kategori baik dan pada siklus II mencapai 81,67% dengan kategori sangat baik mengalami peningkatan sebesar 2,42%. Hasil pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca novel dengan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 12 Singkawang, pada siklus I nilai rata-rata siswa 51,82 sebanyak 10 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 45,46% dan sebanyak 12 siswa yang tuntas dengan persentase 54,54% termasuk kategori kurang baik. Hasil pada siklus II nilai rata-rata siswa 69,46 sebanyak 4 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 18,18% sedangkan sebanyak 18 siswa yang tuntas dengan persentase 81,82% termasuk kategori baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...