PRISMA
Vol 8, No 2 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 2 tahun 2019

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE JIGSAW

Widodo, Sri Adi (Unknown)
Ayuningtyas, Annis D (Unknown)
Sumarti, S (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan . Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 5 sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapatkan dari hasil tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya rata rata prestasi belajar Matematika dari siklus I sebesar 55,6 menjadi 93,9 pada siklus II. Selain itu juga terjadi peningkatan persentase siswa yang mengalami peningkatan prestasi belajar matematika dari 14,70%, menjadi 94,11%. Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Jigsaw, Prestasi Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...