PRISMA
Vol 9, No 1 (2020): PRISMA Volume 9, No 1 Tahun 2020

Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA

Beni Junedi (Universitas Bina Bangsa)
Epi Prahma Sari (STKIP Insan Madani Airmolek)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan koneksi  matematis siswa. Kesulitan siswa berupa mencari hubungan antar topik materi, materi dengan ilmu lain, dan materi dengan permasalahan kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran hanya terfokus pada konsep dari materi tersebut. Terbatasnya media pembelajaran yang membantu siswa memahami materi secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Jenis penelitian adalah penelitian quasy experimental design. Rancangan penelitian yang digunakan randomized subjects posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Setelah sampel diambil secara acak, terpilih siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian berupa tes kemampuan koneksi matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Samples T-Test (uji t ) dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi = 0,001 dan α = 0,05. Karena sig. < α atau 0,001 < 0,05, maka terima H1 dan tolak H0. Disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan multimedia pembelajaran interaktif lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Kemampuan Koneksi Matematis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...