Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2021)

Pengembangan Model Pembelajaran Sorting Predict-think Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola

Elvira Khori Ulni (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Suparno Suparno (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2020

Abstract

Kemampuan mengenal pola merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki anak dalam memahami matematika awal, termasuk pola warna dan bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran sorting predict-think discovery yang layak untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola warna dan bentuk anak usia 5-6 tahun, dan mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan mengenal pola warna dan bentuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian pengembangan mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg dan Gall dan uji efektivitas dilakukan dengan equivalent time series design menggunakan uji wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran sorting predict-think discovery dinyatakan layak berdasarkan kriteria kelayakan oleh ahli, guru, dan respon anak dengan kategori berkembang sesuai harapan; model pembelajaran sorting predict-think discovery efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola warna dan bentuk pada anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...