Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 1, No 1: Semester Ganjil 2012/2013

Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro (Studi pada Nasabah Bank X Malang)

Puput Ichwatus Sholihah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2012

Abstract

Masalah permodalan menjadi masalah yang patut diperhatikan bagi UMKM. Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu solusi atas masalah permodalan yang dihadapi UMKM. UMKM yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik  dapat menjadikan dana KUR yang diterimanya menjadi instrumen untuk pengembangan usaha tanpa mengalami masalah  pembayaran  kredit  macet  terhadap pihak  penyalur KUR. UMKM yang tidak memiliki pengelolaan keuangan yang baik akan akan mengakibatkan beberapa masalah pembayaran kredit yang disebut kredit macet pada bank pemberi KUR.  Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan keuangan  dengan membandingkan penerapan pada UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang baik dan  UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang tergolong kedalam daftar kolektibilitas  pada nasabah Bank X Malang.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun jenis penelitian kualititatif yang dipakai adalah studi kasus  observasi, dimana yang lebih ditekankan adalah kemampuan peneliti dalam menggunakan teknik observasi dalam kegiatan penelitian. Adapun hasil penelitian selama periode penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama,  UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang baik menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik  dan disiplin, selain  itu pemilik dapat memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Kedua, UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang tergolong kedalam daftar kolektibilitas NPL menerapkan pengelolaan keuangan secara kurang baik. Ketiga, Kendala yang dihadapi adalah ketidakpahaman pelaku UMKM terhadap tata cara pengelolaan keuangan yang disampaikan oleh pihak penyalur KUR dan memiliki asumsi bahwa penelolaan keuangan adalah sesuatu yang rumit. Keempat, Langkah-langkah yang ditempuh pihak penerima KUR adalah mecoba menginformasikan kendala tersebut kepada mantri kredit  dan mengidentifikasi kekurangan dengan harapan dapat diperbaiki. Kelima, Langkah-langkah yang ditempuh pihak penyalur KUR adalah mengidentifikasi materi yang dibutuhkan UMKM agar pembinaan sesuai dengan nasabah penerima KUR. Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan,  UMKM, KUR Mikro.

Copyrights © 2012