Jurnal Bastrindo: Kajian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Juni 2020

Klasifikasi Emosi Tokoh Nathan dalam Novel Dear Nathan Karya Erisca Febriani: Kajian Perspektif David Krech: Nathan’s Emotion Classification in The Novel Dear Nathan By Erisca Febriani: Study of David Krech’s Perspective

Ayu Septiana (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram)
Murahim (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram)
Marii (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Abstrak: Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk klasifikasi emosi tokoh Nathan dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani: kajian perspektif David Krech. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan klasifikasi emosi tokoh Nathan dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani: kajian perspektif David Krech. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data-data tertulis  yang diperoleh dari hasil pengamatan tokoh Nathan dalam novel  Dear Nathan karya Erisca Febriani yang mencerminkan klasifikasi emosi perspektif David Krech. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Dear Nathan karya Erisca Febriani yang diterbitkan oleh Best Media tahun 2016 dengan 520 halaman. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan studi pustaka dan teknik baca catat. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh klasifikasi emosi perspektif David Krech pada tokoh Nathan dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani. Klasifikasi emosi tersebut yaitu konsep rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendam, menghukum diri sendiri, rasa malu, kesedihan, kebencian dan cinta. Klasifikasi emosi yang paling dominan dalam tokoh Nathan adalah klasifikasi emosi kebencian, sedangkan klasifikasi emosi yang lemah dalam tokoh Nathan adalah klasifikasi emosi konsep rasa bersalah. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan dalam meneliti dan mengembangkan penelitiaan yang berkenaan dengan teori klasifikasi emosi perspektif David Krech. Abstract: The problem raised in this study is how the emotional classification of Nathan's character in the novel Dear Nathan by Erisca Febriani: Study of David Krech's Perspective.  This study aims to describe the emotional classification of Nathan in the novel Dear Nathan by Erisca Febriani: David Krech's Perspective Study. This type of research is a qualitative descriptive study. This study uses written data obtained from observations of Nathan's character in Erisca Febriani's Dear Nathan novel that reflects the emotional classification of David Krech's perspective. The data source in this study is Erisca Febriani's Dear Nathan novel published by Best Media in 2016 with 520 pages.  The data collection method used in this research is to use literature study and note-taking techniques. The data in this study were analyzed using data analysis techniques by identifying, classifying, analyzing, and concluding. The results of this study indicate that there are seven emotional classifications of David Krech's perspective on Nathan's character in Erisca Febriani's Dear Nathan novel. This emotional classification is the concept of guilt, buried guilt, self-punishment, shame, sadness, hatred and love. The most dominant emotional classification in Nathan's character is the classification of hate emotions, while the weak emotional classification in Nathan's character is the emotional classification of the concept of guilt. It is hoped that this research can become input in researching and developing research relating to David Krech's perspective of emotional classification theory.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jb

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Bastrindo adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal Bastrindo hadir sebagai media untuk menyebarkan pikiran dan bertukar gagasan tentang wacana pendidikan bahasa dan sastra ...