Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah
مجلد 1 عدد 1 (2016): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2016

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SENTRA PADA PRESTASI MATA PELAJARAN PAI DI KELAS I SDIT ISHLAHUL UMMAH PRABUMULIH

Henny Purnamasari (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum Sakatiga)
Imam Nasruddin (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum Sakatiga)
Sanial Habibi (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum Sakatiga)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2016

Abstract

Pendidikan merupakan masalah yang sangat menarik untuk dibahas karena melalui usaha pendidikan diharapakan tujuan pendidikan agar dapat tercapai. Pelaksanaan pembelajaran adalah salah satu tugas utama guru, guru harus dapat memilih metode-metode yang sesuai dengan materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran PAI, diharapkan guru dapat memberi stimulus kepada peserta didik agar memiliki minat yang besar untuk belajar serta prestasi belajar yang baik. Salah-satu metode yang diterapkan pada mata pelajaran PAI adalah metode sentra. Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : bagaimana penerapan model pembelajaran dengan pendekatan sentra pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas I SDIT Ishlahul Ummah Prabumulih. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran dengan pendekatan sentra pada mata pelajaran PAI siswa kelas I SDIT Ishlahul Ummah Prabumulih. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah perwakilan siswa kelas I di SDIT Ishlahul Ummah Prabumulih yang terdiri dari lima kelas yaitu berjumlah 24 siswa. Sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi jenis data primer dan data skunder. Data primer diambil dari para responden secara langsung, sedangkan data skunder diambil dari buku-buku yang mendukung analisis penelitian. Data yang dipakai adalah data deskriptif yaitu data yang dimaksudkan untuk mengetahui mengenai metode yang digunakan guru. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain yaitu dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data yaitu data kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan data kualitatif yang dinyatakan dengan kata-kata dan simbol. Peneliti melakukan analisis data dengan memberi paparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Dari paparan data dapat diketahui bahwa penerapan metode sentra dapat meningkatkan minat belajar serta prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas 1 SDIT Ishlahul Ummah Prabumulih. Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan nilai hasil kreativitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI yang diperoleh.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

raudhah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal ilmiah yang membahas seputar dunia tarbiyah islamiyah (Pendidikan Islam) baik secara teori maupun implementasi. RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah dikelola dan diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ...