Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

HUBUNGAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 5 PADANG

Fran Pratama Abdullah (Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang)
M. Giatman (Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2020

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran siswa lulusan SMK yang dipersiapkan untuk peserta didik bekerja dalam bidang tertentu belum sepenuhnya memiliki motivasi dan kesiapan kerja. Sedangkan untuk membentuk, merencanakan, menentukan dan mengambil keputusan setelah lulus SMK melalui program yang diselenggarakan oleh sekolah belum sepenuhnya memotivasi dan mengarahkan siswa untuk kesiapan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII pada program keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 53 siswa dengan menggunakan teknik Total Sampling. Uji validitias dilakukan pada 30 siswa SMKN 1 Padang dengan hasil butir pernyataan yang valid adalah 29 dari total 33 butir diperoleh nilai reliabel sebesar 0,884 (sangat andal) dan nilai rhitung 0,563. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Padang tahun ajaran 2019/2020 dengan tingkat hubungan sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...