Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri
Vol 20, No 1 (2020): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI

ANALISIS PENILAIAN RESIKO GANGGUAN TUBUH PEKERJA PADA PEMINDAHAN BUAH KELAPA SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE REBA (Studi kasus : PTP Nusantara VI Iphir Pasaman Barat)

Tri Ernita (Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang)
Riko Ervil (Unknown)
Ridho Apriyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2020

Abstract

Metode Rapid Eintire Body Assement adalah suatu metode dalam bidang ergonomi yang digunakan secara cepat untuk menilai postur tubuh seorang pekerja dalam dunia industri. Salah satu sikap pekerja yang dapat mempengaruhi jalannya proses produksi adalah kelalaian dalam bekerja. Oleh karena itu, untuk mencapai keselamatan kerja di perlukan pendekatan Rapid Entire Body Assement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiko gangguan tubuh dan sikap postur tubuh pekerja dengan menggunakan metode Rapid Entire Body Assement. Penelitian ini menggunakan Metode REBA untuk analisis secara bersama dari posisi yang terjadi pada anggota tubuh bagian atas lengan, lengan bawah, dan pergelangan tangan, badan, leher dan kaki(Musculosketal). Jumlah sampel yang diambil delapan orang pekerja di PTP Nusantara VI Ophir. Hasil penelitian ini menunjukan masalah serius pada resiko gangguan tubuh pekerja. Metode Rapid Entire Body Assementterbukti dapat mengidentifikasi resiko gangguan tubuh dan sikap postur tubuh pekerja. Berdasarkan metode rapid entire body assement resiko gangguan tubuh pekerja dan sikap postur tubuh pekerja pada pemindahan buah kelapa sawit perlu tindakan perbaikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Sain

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Sains dan Teknologi STTIND Padang ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Redaksi menerima tulisan ilmiah tentang hasil penelitian, survei, dan telaah pustaka yang erat hubungannya dengan sains dan teknologi industri. Ruang lingkup artiket : Teknik Industri, ...