Jurnal Sistem Informasi (JSI)
Vol 4 No 2 (2015)

PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BENDERA DAN GAME INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA TK KHOIRUL BARIYAH

Hidayat, Rachmat (Unknown)
Sugiarto, Hari (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2016

Abstract

Abstract— Application forms recognition learning world country flags is a learning application for kindergarten children with the help of computers. This application is a form of learning media recognize the flag which consists of the introduction and form of the game. In the making of a multimedia-based learning application, it can take a program that is able to combine text, graphics, sound and animation. Information in the form of multimedia is also more interesting and interactive than the informationin text form. Learning applications are buil tusing the waterfall model and SDLC methodologies supported by the Microsoft Visual Basic programming language to create software. Testing the system with a blackbox test. Test results showed that the application of this system to attract children learn shapes flag with games using interactive multimedia, pictures with sound so boring, and the game can distract saturation current study. Intisari— Aplikasi pembelajaran pengenalan bentuk bendera negara dunia adalah suatu aplikasi pembelajaran untuk anak TK dengan bantuan komputer. Aplikasi ini merupakan suatu media pembelajaran mengenal bentuk bendera yang terdiri dari bagian pengenalan dan bentuk permainan. Didalam membuat suatu aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia ini,diperlukan suatu program yang mampu mengombinasikan teks, grafik, suara dan animasi. Informasi dalam bentuk multimedia juga lebih menarik dan interaktif dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks. Aplikasi pembelajaran tersebut dibangun menggunakan metodologi SDLC model waterfall dan didukung oleh bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic untuk membuat perangkat lunak tersebut. Pengujian system dengan menggunakan metode blackbox test. Hasil ujicoba system menunjukkan bahwa aplikasi ini menarik minat anak belajar bentuk bendera dengan permainan menggunakan multimedia yang interaktif, gambar dengan suara sehingga tidak membosankan, serta game yang dapat mengalihkan kejenuhan saat belajar.  Kata kunci : Permainan, Visual Basic, Bendera, Waterfall.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sistem Informasi (JSI) STMIK Antar Bangsa merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa. Jurnal yang terbit dalam dua periode per Tahun ini berisi artikel ilmiah yang meliputi tema : analisa maupun penerapan sistem informasi, data ...