Jendela Pendidikan
Vol 10 No 1 (2020): JENDELA PENDIDIKAN

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN SHOLAT BERJAMAAH UNTUK MEWUJUDKAN SISWA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH (STUDI DI SDN SUNGONLEGOWO 1)

etiyasningsih etiyasningsih (Unknown)
muhammad Rofiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan sholat berjamaah untuk mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah di SDN Sungonlegowo 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang saya dapatkan dari kepala sekolah dan para guru pengajar, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan sholat berjamaah dengan tahap POAC sebagaimana terdapat dalam teori George R. Terry sehingga sekolah dapat mencapai hasil yang maksimal, sekolah mampu menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan sholat berjamaah untuk mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah terbukti dari berbagai penghargan dan berbagai kegiatan keagamaan yang ada. Upaya penerapan pendidikan karakter di SDN Sungonlegowo 1 dilakukan dengan berbagai kegiatan keagamaan, diantaranya adalah sholat berjamaah, madrasah diniyah, istighosah, pondok romadhon (pada bulan puasa) dan berbagai peringatan hari keagamaan lainnya. Sholat berjamaah di SDN Sungonlegowo 1 masih terkendala dengan gedung musholah yang ukurannya terbatas sehingga dibuatkan penjadwalan sholat secara bergantian agar semua siswa dapat melaksanakan sholat berjamaah. Kata Kunci: Pendidikan karakter, Sholat berjamaah, Akhlakul karimah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...