Kinerja guru mencerminkan performance seorang guru dalam melaksanakan tugasnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam kenyataannya maksimal tidaknya kinerja guru dipengaruhi banyak faktor.Kepedulian masyarakat melalui MBS yang disalurkan melalui peran Komite Sekolah dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah merupakan dua faktor diantara faktor-faktor yang lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh; (1) Peran Komite Sekolah terhadap kinerja guru, (2) kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap kinerja guru, dan (3) Komite Sekolah dan kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi sebanyak 49 guru SMP Negeri 5 Bojonegoro diambil sebagai sample. Metode pengumpulan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier, analisis regresi ganda menggunakan aplikasi SPSS for Windows Release 14.0. Hasil penelitian: (1) Komite Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, kontribusi pada kinerja guru sebesar 49.6%; (2) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, kontribusi pada kinerja gurusebesar 36,0%, (3) Komite Sekolah dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, kontribusi sebesar 52,3% Hasil penelitian ini Lembaga dapat memanfaatkan hasil temuan guna penetapan kebijakan makro terkait peningkatan kinerja guru. Sebagai acuan bagi sekolah untuk pengambilan kebijakan mikro terkait peningkatan kinerja guru, dan dapat dijadikan acuan penetapan kebijakan operasional terkait peningkatan kinerja guru.   Kata Kunci : peran komite sekolah, kepemimpinan transformasional, Kinerja guru DOI :10.5281/zenodo.3472122
Copyrights © 2018