Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 1 (2019): Januari - Juni 2019 Al-liqo: Jurnal Pendidikan Islam

Teknik dan Instrumen Assessmen Ranah Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI

Tamrin Tamrin (STIT Dar Aswaja Rokan Hilir Provinsi Riau)
Faridatul Munawaroh (STAI Auliaurasyidin Tembilahan)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2019

Abstract

dan Instrumen Asssessmen Ranah Kognitif. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja jenjang atau tingkatan yang ada dalam ranah kognitif, langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian ranah kognitif, dan macam-macam teknik yang dapat digunakan dalam penilaian ranah kognitif. Menurut taxonomy bloom Ranah kognitif terdiri dari enam jenjang yaitu, pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Kemudian, oleh anderson dan krathwohl taxonomy bloom tersebut direvisi sehingga jenjang pengetahuan dibagi menjadi dua dimensi, yaitu dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif. Dimensi pengetahuan terdiri dari pengetahuan faktual, pengentahuan konseptual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan meta-kognitif. Dimensi proses kognitif terdiri dari mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan. Langkah-langkah penyusunan instrumen penilaian kognitif terdiri dari, penilaian kognitif terdiri dari dua bentuk, yaitu tes dan nontes. Teknik penilaian kognitif dengan tes terdiri item tes pilihan ganda, isian singkat, menjodohkan, benar-salah, dan uraian.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-liqo

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Liqo Program Studi Pendidikan Agama Islam (PRODI PAI) STAI Auliaurrasyidin Tembilahan tentang penelitian ilimiah dalam bidang pendidikan Islam mengundang para cendikiawan, peneliti nasional (HIMPENINDO baik anggota biasa, anggota luar biasa, dan anggota kehormatan), peneliti utama, ...