Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya
Vol 41, No 1: Februari 2018

EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK

Amidatus Shollihat Jamil (STMIK Yadika Bangil Pasuruan)
Amat Mukhadis (universitas negeri malang)
Waras Waras (universitas negeri malang)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2018

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran produktif kompetensi multimedia di SMK, ditinjau dari aspek context, input, proses, dan produk. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian multi situs dengan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan menetapkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarpras dan kurikulum, kepala kompetensi keahlian, guru produktif multimedia, dan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 1 Grati dan SMKN 1 Purwosari Pasuruan sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan analisis multisitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada standar yang harus disetarakan, mulai dari kebijakan pendirian kompetensi keahlian yang bias berdampak pada proses pembelajaran hingga output dari proses pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

teknologi-kejuruan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya publishes manuscripts in a wide variety of research areas in the field of engineering education. This journal published articles containing conceptual ideas, literature review, application of the theory, and book review ...