Sintesis
Vol 14, No 1 (2020)

ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK DALAM NOVEL BULAN LEBAM DI TEPIAN TOBA KARYA SIHAR RAMSES SIMATUPANG

Hendra Sigalingging (Unit mata kuliah humaniora dan staff Pusat Studi dan Pengembangan Perdamaian Universitas Kristen Duta Wacana)



Article Info

Publish Date
12 May 2020

Abstract

Penelitian ini membahas analisis strukturalisme genetik dalam novel Bulan Lebam di Tepian Toba karya Sihar Ramses Simatupang. Penelitian ini menggunakan teori Lucian Goldmaann. Teori ini digunakan dalam analisis fakta kemanusiaan dan subyek kolektif yang ada dalam novel. Penelitian ini menggunakan analisis isi dengan fokus analisis naratif dalam novel. Fakta kemanusiaan yang direpresentasikan dalam novel yaitu aktivitas sosial dan aktivitas politik. Aktivitas sosial dominan mengartikulasikan problem sosial yang terjadi di Tanah Toba. Aktivitas politik dalam novel ini ditunjukkan dengan penguasaan lahan tanah Batak secara politis tanpa melibatkan warga pemilik lahan. Subyek kolektif dalam novel ini direpresentasikan dengan kelas pejuang yang mengupayakan perubahan, khususnya terkait resistensi masyarakat Toba kepada PT. Indorayon (pabrik kertas)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sintesis

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

SINTESIS adalah jurnal ilmiah bahasa, sastra, dan kebudayaan Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Sintesis terbit pertama kali bulan Oktober 2003 dengan frekuensi terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan Oktober. ...