Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
Vol 14 No 1 (2020): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam

HUBUNGAN ANTARA NILAI SIKAP DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Akhmad Zaini (Unknown)
Darwan Setyono (INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA TUBAN)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara nilai sikap dengan prestasi akademik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas IX-B SMP Negeri 2 Kerek Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019-2020. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa apakah setiap siswa yang memiliki nilai tinggi pada aspek sikap akan memiliki nilai yang tinggi pula pada prestasi akademiknya, demikian pula sebaliknya. Untuk itu secara rinci tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui nilai sikap siswa, (2) mengetahui prestasi akademik siswa, (3) menjelaskan hubungan nilai sikap dengan prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran PAI, dan (4) menjelaskan besarnya hubungan nilai sikap siswa dengan prestasi akademiknya. Berdasarkan jenis datanya, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan berdasarkan perlakuan pada subjek penelitiannya menggunakan metode ex post facto. Selanjutnya, data penelitian dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, dialnjutkan dengan uji normalitas data menggunakan Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Kemudian, data dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik bivariate correlation, yaitu teknik Korelasi Product Moment. Sementara itu, untuk mengetahui seberapa besar tingkat signifikansi hubungannya, dilakukan analisis data lanjutan berupa uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara nilai sikap dengan prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran PAI pada siswa kelas IX-B SMP Negeri 2 Kerek Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019-2020 dengan uji dua ekor (two tailed test) pada taraf signifikansi atau alpha (α) 5%. Besarnya korelasi atau hubungan kedua variabelnya ditemukan pada angka 0,548. Selanjutnya, berdasarkan uji signifikansi pada alpha (α) 5% didapatkan angka sebesar 1,565, sedangkan t tabel memiliki nilai angka sebesar 2,086. Hal ini memberikan implikasi bahwa meskipun terdapat korelasi antara nilai sikap dengan prestasi akademik, namun hubungan tersebut berada pada derajat yang tidak signifikan pada taraf signifikansi atau alpha (α) 5%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tadris

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

FOKUS DAN RUANG LINGKUP JURNAL Jurnal tadris adalah sebuah jurnal ilmiah yang berisi publikasi hasil penelitian dan konsepsi atau pemikiran dalam ranah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal ini meliputi : 1. Pendidikan Islam formal dan non-formal 2. Kurikulum dan teknologi pendidikan Islam 3. ...