Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
Vol 1, No 5 (2018)

ANALISIS KANYOUKU YANG MENGGUNAKAN UNSUR HEWAN DAN TUMBUHAN DALAM BUKU OBOETE BENRI NA KANYOUKU SHO/CHUUKYUU

muhammad hadi (Unknown)
desvalini anwar (Unknown)
meira anggia putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi idiom bahasa Jepang berdasarkan struktur dan maknanya dalam buku Oboete Benri na Kanyouku Sho/Chuu karya Tanaka Masae dan Magara Naoko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kanyouku yang terbentuk menggunakan unsur hewan dan tumbuhan. Sumber data yang diambil adalah buku Oboete Benri na Kanyouku Sho/Chuu karya Tanaka Masae dan Magara Naoko. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa terdapat 3 klasifikasi kanyouku berdasarkan strukturnya, serta terdapat 5 klasifikasi kanyouku berdasarkan maknanya. Klasifikasi kanyouku berdasarkan strukturnya yaitu, doushi kanyouku (idiom verba), keiyoushi kanyouku (idiom adjektiva) dan meishi kanyouku (idiom nomina). Klasifikasi kanyouku berdasarkan maknanya yaitu, Kankaku, kanjou  wo arawasu kanyouku (idiom yang menyatakan perasaan dan emosi), Karada, seikaku, taido wo arawasu kanyouku(Idiom yang menyatakan tubuh, kepribadian dan sikap) , Koui, dousa, koudou wo arawasu kanyouku (idiom yang menyatakan perbuatan, tindakan dan aktivitas) , Joutai, teido, kachi wo arawasu kanyouku (idiom yang menyatakan keadaan, derajat dan nilai), Shakai, seikatsu, bunka wo arawasu kanyouku (idiom yang menyatakan sosial dan budaya).Kata kunci: Kanyouku, klasifikasi struktur, klasifikasi makna

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

omiyage

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this ...