Kalamuna
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban

Istikhdamu Thoriqoh Al Isbai' Al Riyadiyyah (Jarimatika) Fi Ta'lim Al Lughoh Al Arobiyyah Li Ziyadati Al Itqon Madah Dhomir Munfashil

Sukmanasari, Erry (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Pada proses pembelajaran bahasa Arab di kelas menunjukkan bahwa banyak masalah ditemukan salah satunya yaitu kurangnya penguasaan materi dhomir munfashil yang kenyataannya dhomir munfashil dalam bahasa Arab lebih banyak dibanding bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan hal ini membuat siswa merasa kesulitan dan kurang semangat dalam proses pembelajaran sehingga materi dhomir munfashil perlu diajarkan lebih mendalam dengan metode yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode jarimatika pada pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan materi dhomir munfashil siswa. Metode Penelitian adalah PTK dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Bojongsoang kelas X IPS 2 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data bersifat kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan penguasaan materi dhomir munfashil pada pembelajaran bahasa Arab. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus adalah 67,57. Pada siklus 1 76,36. Pada siklus 2 80,90. Pada prasiklus sebesar 33% atau 11 siswa mencapai ketuntasan. Pada siklus 1 sebesar 69,69% atau 23 siswa mencapai ketuntasan. Pada siklus 2 sebesar 90,90% atau 30 siswa mencapai ketuntasan.. Dengan demikian, penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan penguasaan materi dhomir munfashil pada pembelajaran bahasa Arab. Kata kunci: jarimatika , penguasaan, dhomir munfashil

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kalamuna

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Yhis journal is written using multilingual and contains scientific articles, research, research of community society, students thesis and we are invites scholars and experts working specializes in arabic education and learning at schools, madrassas, an/or Islamic boarding schools (pesantren) in ...