Jurnal Riset Kajian Teknologi dan Lingkungan
Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Riset Kajian Teknologi dan Lingkungan

Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Interactive Demonstration (Inquiry Spectrum Learning-Wenning)

Syafruddin (Unknown)
Indah Dwi Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Interactive Demonstration.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Seluruh mahasiswa pendidikan Biologi adalah populasi dalam penelitian ini sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas sebagai kelas uji coba. unTuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes essay dengan 6 butir soal Metode tes sebagai pengumpul data untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai post-test yang diberikan pada akhir pembelajaran.Berdasarkan hasil uji nilai t, nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,0112. Taraf signifikansi 5% dengan dk = 9 + 7 - 2 = 14 sebesar 1,765 maka thitung < ttabel (2,0112 > 1,765). Dengan demikian, hipotesis nol (h0) ditolak dan hipotesis alternatif (ha) diterima. Hipotesis alternatif yang diterima memberikan kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa pendidikn biologi menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Interactive Demonstration.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrktl

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Engineering Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JRKTL adalah jurnal yang ditujukan untuk dosen, peneliti, dan mahasiswa yang ingin mempublikasikan hasil penelitiannya. Jurnal ini mencakup Ilmu Pertanian, Ilmu Linkungan, Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Hukum, Ilmu Kesehatan, Pendidikan (Bahasa dan Sastra Indonesia, ...