TANJUNGPURA JOURNAL OF NURSING PRACTICE AND EDUCATION
Vol 1, No 2: December 2019

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) TERHADAP PERILAKUDETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS KAMPUNG BANGKA KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA

Melsi Yunanda Sella . (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Latar Belakang :Kanker payudara merupakan kanker yang paling sering terjadi pada wanita.Sebanyak 60-70% wanita dengan kanker payudara berobat pada stadium lanjut sehingga sulituntuk disembuhkan,padahal kanker payudara dapat dideteksi pada stadium awal denganpemeriksaan payudara sendiri (SADARI). SADARI merupakan cara yang paling efektifuntuk pencegahan dini kanker payudara. Pengetahuan dan persepsi mengenai kankerpayudara akan mempengaruhi perilaku SADARI seseorang. Tujuan :Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan SADARI terhadap perilaku deteksi dinikanker payudara pada wanita usia subur (WUS).Metode :Penelitian bersifat kuantitatif, menggunakan desain quasi experiment (pre test andpost test nonequivalent control group.Sampel pada penelitian ini sebanyak 106 WUS terbagidalam kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Analisa data menggunakan uji Wilcoxondan Mann-Whitney.Hasil : Analisis uji Wilcoxon pada perilaku SADARI pada kelompok intervensi sebelum dansesudah diberi perlakuan menunjukkan nilai p value 0,000< 0,05 dan hasil uji Mann-Whitneypada post test intervensi dan post test kontrol diperoleh nilai p-value 0,000 < 0,05 yangberarti terdapat perubahan yang bermakna terhadap kelompok intervensi.Kesimpulan :Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan SADARI terhadap perilaku deteksidini kanker payudara pada WUS di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kampung BangkaKescamatan Pontianak Tenggara.Kata Kunci :Pendidikan kesehatan, Perilaku SADARI, WUS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KNJ

Publisher

Subject

Health Professions Immunology & microbiology Nursing Public Health

Description

Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education (TJNPE) is an open access international journal (e-journal) which publishes the scientific works for nurse practitioners and researchers. The focus and scopes of the journal include adult nursing, emergency nursing, gerontological nursing, ...