Ecobankers : Journal of Economy and Banking
Vol 1 No 1 (2020): Ecobankers : Journal of Economy and Banking

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang

Gama Pratama (Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2020

Abstract

Based on student learning outcomes in the subjects of Accounting Class XI Al-Musyawirin Vocational School and by looking at the value of the acquisition of learning outcomes shows that the value for 2 (two) years has decreased. This is thought to be caused by a decrease related to learning, therefore, this study tries to apply a peer tutor type cooperative learning model. To overcome this problem, this experimental study aims to determine the understanding of different concepts that use peer learning models with conventional learning models, determine differences in concepts in understanding using learning models in high, medium and low level learning motivation, understanding interactions between learning models and learning motivation towards understanding student concepts. This research is an experimental method research with 2 x 3 factorial design. The object of the research is the students of class XI AK 1 and AK 2 SMK Al-Musyawirin Weru, Cirebon District, amounting to 68 students. Data collection techniques used in this study were multiple choice tests. Data analysis techniques in this study used the test for normality and homogeneity. Research hypothesis testing uses two way analysis of variance (two way anova). The results showed (1) There was a difference in concept understanding between students in the class implementing the cooperative peer tutor model and students in the class applying the conventional learning model, (2) There were differences in concept understanding using different learning methods based on motivation levels, namely high, medium and low, (3) There is an interaction between learning models and learning motivation with understanding concepts. The recommendation given is the need to follow up on this research to improve understanding of concepts and motivations with varied learning models and the cooperative learning model of this peer tutoring method can be applied in the learning process Keywords : Cooperative Learning Model Peer Tutor, Motivation and Comprehension Concept. Abstrak Berdasarkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Al-Musyawirin dan dengan melihat nilai perolehan hasil belajar itu menunjukkan bahwa nilai selama 2 (dua) tahun mengalami penurunan. Hal ini diduga disebabkan oleh penurunan yang berkaitan dengan pembelajaran, oleh karena itu, penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe peer tutor. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian eksperimental ini bertujuan untuk menentukan pemahaman konsep yang berbeda yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teman sebaya dengan model pembelajaran konvensional, menentukan perbedaan konsep dalam pemahaman menggunakan model pembelajaran di motivasi belajar tingkat tinggi, sedang dan rendah, memahami interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Objek penelitian adalah siswa kelas XI AK 1 dan AK 2 SMK Al-Musyawirin Weru Kecamatan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian dua arah (two way anova). Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang berada di kelas yang menerapkan model tutor sebaya kooperatif dan siswa yang berada di kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional, (2) Ada perbedaan pemahaman konsep yang menggunakan metode pembelajaran berbeda berdasarkan tingkat motivasi yaitu tinggi, sedang dan rendah, (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar dengan pemahaman konsep. Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya menindaklanjuti penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi dengan model pembelajaran yang bervariasi dan model pembelajaran kooperatif metode peer tutoring ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tutor sebaya, Motivasi dan Konsep Pemahaman.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EcoBankers

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Perbankan Syariah ini mengundang manuskrip dalam berbagai topik antara lain, namun tidak terbatas pada, bidang fungsional Perbankan Syariah, Bank Perkreditan Rakyat Syariah, Jaminan Syariah, Pegadaian Syariah, Pasar Modal Syariah, Keuangan Mikro Syariah, Reksa Dana Syariah, dan Obligasi ...