JESA
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Edukasi STKIP Sebelas April

PENGGUNAAN MEDIA READING BOX UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA ANAK PADA MEMBACA INTENSIF (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS III SDN DAYEUHLUHUR KECAMATAN GANEAS KABUPATEN SUMEDANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018)

Avini Martini (STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan kemampuan membaca siswa kelas III SDN Dayeuhluhur pada aspek membaca pemahaman teks cerita anak pada membaca intensif. Peneltian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Reading Box. Pada siklus I hasil observasi aktivitas belajar siswa kurang memuaskan skor rata-rata dari setiap aspek dinilai hanya 3,37 dengan kategori cukup. Pada siklus II berhasil ditingkatkan dan mencapai target yang diharapkan peneliti dengan skor rata-rata 3,66 dengan kategori baik. Dengan demikian, aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman teks cerita anak pada membaca intensif dengan menggunakan media media reading box pada siklus II lebih baik jika dibandingkan dengan siklus I. Kemampuan membaca siswa pada kondisi awal yang masih kurang yakni baru 39% atau 9 siswa yang mencapai KKM. Pada perbaikan pembelajaran siklus I kemampuan membaca siswa berhasil ditingkatkan menjadi 61% atau 14 siswa. Rata-rata kemampuan membaca siswa pada siklus I sudah mencapai KKM yang ditetapkan yakni 65, hanya beberapa siswa yang masih belum tuntas. Selanjutnya, pada siklus II hasilnya lebih baik dari siklus I, yakni sebagian besar siswa yang berjumlah 20 siswa atau 87% dinyatakan tuntas karena hasilnya mencapai KKM dan hanya 3 siswa atau 13% yang tidak lulus atau belum mencapai KKM. Hal ini membuktikan bahwa media reading box dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca pemahaman teks cerita anak pada membaca intensif siswa kelas III SDN Dayeuhluhur tahun pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal EDUKASI Sebelas April is a peer-reviewed journal published by the Unit Pelaksana Teknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Sebelas April for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is ...