Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani
Vol 2, No 1 (2018): MARET (ACCREDITED SINTA 5)

MENINGKATKAN TEKNIK DASAR LEMPAR CAKRAM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJARDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI

Candra Cahyono (Universitas Bengkulu)
Yarmani Yarmani (Universitas Bengkulu)
Arwin Arwin (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dasar lempar cakram dalam proses belajar mengajar dengan mengunakan media modifikasi pada siswa kelas V B SD Negeri 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian siswa kelas V B SD Negeri 18 Kota Bengkulu yang berjumlah 25 siswa. Hasil pra siklus dalam proses belajar mengajar teknik dasar lempar cakram secara keseluruhan terdapat  20% tuntas belajar dan 80% belum tuntas belajar. Dan hasil penelitian pada siklus kesatu menunjukan bahwa jumlah indikator pada lembar observasi aktivitas guru dalam pembelajaran masih terlaksana 18 item atau baru mendapat presentase (72%), dan pada lembar observasi aktivitas belajar siswa pada pembelajaran masih terlaksana 13 item atau baru mendapat presentase (52%) dari jumlah keseluruhan lembar observasi yaitu 25 item. Ini menunjukan bahwa proses belajar mengajar baik guru maupun siswa masih rendah atau masih pada kategori belum tuntas belajar. Sedangkan hasil disiklus ke dua menunjukan bahwa jumlah indikator yang guru lakukan pada proses belajar mengajar meningkat yaitu 22 item atau mendapat presentase (88%). Begitu juga dengan jumlah indikator yang siswa ikuti pada proses belajar mengajar disiklus ke dua meningkat menjadi  20 item atau mendapat presentase (80%). Ini menunjukan bahwa tindakan yang dilakukan disiklus kedua baik guru maupun siswa dapat dikatakan telah tuntas belajar. Berdasarkan hasil diatas maka disimpulkan bahwa dengan mengunakan media modifikasi dapat meningkatkan proses belajar mengajar teknik dasar lempar cakram.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

kinestetik

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani by the Program Study of Physical Education FKIP University of Bengkulu. The journal of physical education, health and recreation was first printed in March 2013, this scientific journal received writings that had never been published elsewhere. and ...