Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani
Vol 1, No 1 (2017): MARET

MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEKNIK SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 KABAWETAN.

Ramos Triyudho (Universitas Bengkulu)
Syafrial Syafrial (Universitas Bengkulu)
Sugiyanto Sugiyanto (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik shooting dalam permainan sepakbola menggunakan model pembelajaran kooperatif team games tournament siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kabawetan Kepahiang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IPS 2 SMA Negeri 1 Kabawetan Kepahiang dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa putra dan 13 siswa putri. Pada setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data dan penarikan kesimpulan, dimana teknik yang digunakan untuk pengumpulan data diperoleh melalui tahapan observasi, tes dan dokumentasi pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa melalu penerapan model pembelajaran Team Games Tournament dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan teknik shooting dalam sepakbola pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kabawetan Kepahiang. Dari hasil yang telah dianalisis diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus presentasi ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 40,62% dan pada siklus I presentasi ketuntasan hasil belajar teknik shooting mencapai 71,87% dengan jumlah yang masuk dalam kategori tuntas sebanyak 23 siswa, sementara itu pada siklus II diperoleh presentasi ketuntasan 81,25% dengan jumlah yang dikategorikan tuntas sebanyak 26 siswa dari jumlah keseluruhan siswa 32 siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kinestetik

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani by the Program Study of Physical Education FKIP University of Bengkulu. The journal of physical education, health and recreation was first printed in March 2013, this scientific journal received writings that had never been published elsewhere. and ...