Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP)
Vol 7 No 1 (2020): JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA (JB&P) APRIL 2020

Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams-Games-Tournament) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Materi Animalia Siswa Kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019

Fadilah Rahmawati (Unknown)
Budhi Utami (Unknown)
Nurul Mufitdah (Unknown)
Choirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT(Teams Games Tournamant) yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk.Penelitian ini akan di lakukan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap merencanakan (planning), melakukan tindakan (action), mengamati (observation), dan melakukan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan peningkatan jumlah skor motivasi siswa dari 38,6% menjadi 61,4%, b) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari peningkatan jumlah siswa yang mampu mencapai nilai tuntas, baik pada siklusI danIIyang mengalami kenaikan dari 26 siswa (76,5%) menjadi 32 siswa atau 85,2%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarankooperatif tipe TGT (teams games tournament) mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi untuk materi Animalia pada siswa kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

biologi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Health Professions Immunology & microbiology

Description

Jurnal Biologi dan Pembelajarannya is a blind peer-review published by Research Institutions and Community Services, University of Nusantara PGRI Kediri and the media for researchers and lecturers who will publish the results of their research. The aim of the Journal is to facilitate scientific ...