Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

EFEKTIVITAS COLABORATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA SHORT CARD BERBASIS IT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Nuhyal Ulia (Universitas Islam Sultan Agung Semarang)



Article Info

Publish Date
08 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Collaborative Learning berbantuan media Short Card berbasis IT  serta membandingkan  mana yang lebih baik antara kemampuan pemahaman konsep matematika pada pembelajaran Collaborative Learning berbantuan media Short Card berbasis IT  atau pembelajaran konvensional.  Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif . Penelitian dilakukan di SDN Karangroto  01 Semarang. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi normalitas data, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan uji banding.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada uji hipotesis  dihasilkan , a = 5% dengan ,  sehingga  artinya kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran Collaborative Learning berbantuan media Short Card berbasis IT lebih baik daripada pemahaman konsep matematika pada pembelajaran konvensional

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...