Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2014): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Menuju Generasi Emas tanggal 31 Mei 2014

Value Clarification Technique sebagai Strategi Penyadaran Diri Mahasiswa untuk Tidak Menggosip dan Bijak dalam Gunakan Jejaring Sosial

Sri Harmianto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
31 May 2014

Abstract

Pembelajaran VCT Value Clarification Technique (Teknik Mengklarifikasi Nilai) memiliki keunggulan untuk mengungkap nilai diri yang telah dimiliki mahasiswa dan dapat untuk menanamkan karakter jujur, bersahabat/komunikatif dan tanggungjawab serta nilai-nilai yang sesuai dengan tatanan norma agama. Pembelajaran VCT ini dilaksanakan dengan memberikan cerita kasus selanjutnya mahasiswa diminta mengisi matrik yang berisikan butir-butir pernyataan yang kontroversial terkait kebiasaan mahasiswa menggosip dari mulut ke mulut maupun melalui jejaring sosial. Dengan menggunakan higher question digali dan diklarifikasi jawaban mahasiswa tersebut, sekaligus ditanamkan karakter dan nilai yang baku.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...