TRANSISTOR Elektro dan Informatika
Vol 3, No 1: 2018

Penentuaan Prioritas Dokter Gigi Muda Bagi Pasien Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity to Ideal Solution (Topsis)

Roichatul Jannah (Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Sultan Agung)
Dedy Kurniadi (Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Sultan Agung)
Muhammad Qomaruddin (Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
27 May 2018

Abstract

TOPSIS merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria yang mana memiliki konsep pada pemilihan alternatif terbaik berdasarkan jarak terdekat dari solusi ideal positif dan jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode TOPSIS yang dapat membantu dalam menentukan prioritas dokter gigi muda bagi pasien dengan mempertimbangkan berbagai kriteria yang telah ditentukan. Ada empat kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : request penyakit, angkatan masuk dokter gigi muda, usia dan jumlah pasien. Untuk mempertemukan pasien dan dokter gigi muda, sistem akan mencocokan kedua belah pihak dengan case yang sama kemudian TOPSIS akan menghitung nilai setiap alternatif dokter gigi muda, sehingga mendapatkan hasil dari nilai preferensi masing-masing. Nilai preferensi tertinggi akan mendapatkan pasien. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode modified waterfall, dengan tahapan yang dilakukan berupa analisa, perancangan, impelementasi dan pengujian. Sistem yang telah dibangun merupakan sistem yang dapat memudahkan dokter gigi muda dalam menyelesaikan profesi pendidikan dokter gigi selain itu pasien dapat penanganan yang sesuai dengan kebutuhan dokter gigi muda. Hasil dari sistem yang dibuat berupa peringkat alternatif paling baik dan paling buruk. Pengujian sistem dilakukan dengan mencocokan hasil dari sistem dengan user aktual, berdasarkan pengujian yang dilakukan sebanyak 3 kali, diperoleh hasil akurasi sebesar 80.94%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

TRANSISTOR EI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

TRANSISTOR EI (Jurnal Elektro dan Informatika) adalah publikasi ilmiah yang menerbitkan artikel bidang teknik elektro yang mencakup ketenagaan, elektronika, instrumentasi, telekomunikasi, kendali; serta bidang teknik informatika yang mencakup sistem informasi, software engineering, computer network, ...