Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ
Vol 1 No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ

ANALISIS POLA PERUBAHAN FREKUENSI FUNDAMENTAL DAN HARMONIK SARON BARUNG LARAS PELOG

Firdaus Firdaus (Unknown)
Intan Masruroh Swastika (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola perubahan frekuensi fundamental dan menganalisis jumlah frekuensi harmonik pada saron barung laras pelog. Penelitian dilakukan dengan cara perekaman suara saron barung laras pelog. Perekaman dilakukan pada setiap wilahan. Untuk mendapatkan nilai frekuensi fundamental dan harmoniknya, data dianalisis dengan software sound forge 10 pengolah suara dengan cara menampilkan sinyal dalam bentuk grafik amplitudo sebagai fungsi waktu. Untuk mendapatkan nilai frekuensi dari data yang di dapat, peneliti mentransormasikan sinyal dari fungsi waktu ke fungsi frekuensi dengan menggunkan software tersebut. Frekuensi fundamental akan teramati pada data statistik yang muncul. Frekuensi-frekuensi puncak harmonik berikutnya dapat diketahui dengan menggeserkan kursor pada puncak tersebut. Pola perubahan nilai frekuensi fundamental dengan variasi wilahannya akan teramati dengan membuat grafik hubungan antara wilahan terhadap nilai frekuensi fundamental. Analisis grafik menggunakan software yang berfungsi menentukan persamaan grafik. Frekuensi fundamental dari wilahan satu sampai dengan tujuh untuk saron barung laras pelog berturut-turut 594, 637, 699, 794, 855, 936, 1024 Hz. Pola perubahan nilai frekuensi fundamental dengan variasi wilahannya membentuk persamaan y = (536,8+-6,6)exp(0,040+-0,001)x. Jumlah frekuensi harmonik dari wilahan satu sampai dengan tujuh adalah 5, 5, 2, 4, 4, 4, dan 2.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

semnaspf

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics Other

Description

PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this proceeding are: - Physics Education - Chemistry Education - Biology Education - Media Development and Learning Model - ...