Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ
Vol 2 No 1 (2020): Vol 2 No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA FITK UNSIQ

EFEKTIVITAS MODEL POE2WE DALAM PENYAMPAIAN MATERI METODE ILMIAH GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA

Nana Nana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran POE2WE dalam pembelajaran fisika pada materi metode ilmiah. Responden penelitian adalah 15 siswa dari salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kuesioner (angket) dan tes hasil belajar siswa (postest). Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk menjawabnya. Setelah pembelajaran berakhir angket respon diberikan kepada responden. Angket tersebut berupa angket respon siswa setelah mengikuti pembelajaran model POE2WE. Hasil analisa respon siswa terhadap pembelajaran dengan model POE2WE menunjukkan persentase rata-rata secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika dengan model POE2WE mendapat respon positif dari siswa. Proses pembelajaran menggunakan model ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan proses Fisika, meningkatkan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, ide, dan gagasan serta meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnaspf

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics Other

Description

PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this proceeding are: - Physics Education - Chemistry Education - Biology Education - Media Development and Learning Model - ...