Dalam pembelajaran bahasa, salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai adalah speaking. Pada kenyataannya, pembelajaran speaking memiliki banyak hambatan. Wayang merupakan salah satu media tradisional yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan wayang sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris bagi mahasiswa, khususnya untuk pengajaran speaking atau ketrampilan berbicara. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PAI UNSIQ yang berjumlah 35 mahasiswa dengan metode mengambil satu kelas sample secara random. Penilaian dilakukan dengan cara melakukan interview, uji pre-test, dan post-test. Dari hasil interview ditemukan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa masih jauh dari standart. Selanjutnya, sesudah dilakukan tretment dengan menggunakan wayang, hasil analisis menunjukkan t hitung > 1.995 daripada t tabel, serta peningkatan hasil belajar denganhitung = 0,49 yang berarti kategori peningkatan belajar sedang. Dari hasil uji pre-test dan post test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifican pada kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa dengan menggunakan wayang sebagai media pengajaran.
Copyrights © 2020