Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Vol 11, No 1 (2020): April

PENGARUH MOTIVASI MENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH LISTRIK DAN ELEKTRONIKA OTOMOTIF

Iffarial Nanda (Universitas Negeri Padang)
Wakhinuddin Simatupang (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2020

Abstract

Abstrak: Berdasarkan observasi awal, hasil belajar mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif pada mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif belum memuaskan kemungkinan karena adanya factor yang mempengaruhi hasil belajar itu sendiri baik secara internal maupun eksternal dari mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pen motivasi mengajar dosen terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa jurusan teknik Otomotif yang sedang mengambil mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, dan reabilitas angket untuk memastikan angket yang digunakan valid dan realiabel dan uji regresi linier ganda untuk melihat bagaimana perngaruh motivasi mengajar dosen terhadap hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara motivasi mengajar dosen terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan hasil SPSS dari regresi linier ganda dengan nilai sig, 0,005<0,05. sehingga Ha diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini subjek motivasi mengajar dosen mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.Abstract: Based on preliminary observations, the learning outcomes of students of the Automotive Engineering Department in the Electrical and Electronics Electronics course have not been satisfactory possibly because of the factors that influence the learning outcomes themselves both internally and externally from students. The purpose of this study was to determine the motivation of teaching lecturers on learning outcomes. This type of research used is quantitative research. The subjects used were students majoring in Automotive engineering who were taking Electrical and Electronics Electronics courses. The data analysis technique used is descriptive data analysis technique, namely by describing the validity and reliability of the questionnaire to ensure the questionnaire used is valid and realiable and multiple linear regression tests to see how the teaching motivation influences lecturers' learning outcomes. The results of this study indicate that there is an influence between the teaching motivation of lecturers on learning outcomes as indicated by the SPSS results from multiple linear regression with a sig value of 0.005 <0.05. so Ha is accepted, then it can be concluded that in this study the subject of lecturer teaching motivation affects student learning outcomes.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

paedagoria

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan sejak tanggal 1 April 2010 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram dengan ISSN 2086-6356. Adapun fokus dan scope publikasi adalah hasil penelitian atau kajian kritis di bidang ...