Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 8 No 2 (2017)

Pengaruh Strategi Pembelajaran Induktif Metode Ceramah dengan Metode Diskusi dan Motivasi Belajar terhadap Pengetahuan Siswa tentang Keanekaragaman Hayati: Eksperimen di MTs Alhikmah Pulogadung Jakarta Tahun 2015

Ani Marlina (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari strategi pembelajaran induktif siswa terhadap keanekaragaman hayati yang berkaitan dengan strategi pembelajaran induktif melalui metode ceramah dan melalui metode diskusi dan motivasi belajar, pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan model ANAVA 2x2, pada siswa Madrasah Tsanawitah Al-HiPulogadung Jakarta Timur kelas VII yang keseluruhan sampelnya adalah 70 siswa yang dibagi kedalam 2 kelompok. Hasinya adalah sebagai berikut: 1). Terdapat perbedaan antara siswa yang diberikan strategi pembelajaran induktif melalui ceramah dengan diskusi 2) adanya interaksi antara strategi pembelajara induktif dengan motivasi belajar terhadap pengetahuan keanekaragaman hayati, 3) kelompok siswa yang proses motivasi belajarnya tinggi, pengetahuannya tentang keaekaragaman hayati lebih tinggi menggunakan strategi pembelajaran induktif melalui ceramah dari pada metode diskusi. 4) bagi motivasi belajar siswa yang lemah pengetahuan mereka tentang keaekaragaman hayati lebih baik menggunakan metode ceramah daripada metode diskusi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metod ceramah efektif untuk menaikkan tingkat pengetahuan siswatentang keanekaragaman hayati dengan mempertimbangkan motivasi belajar mereka.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...