Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Vol 9 No 2 (2019): Jurnal Ilmu Komputer

ANALISIS KESUKSESAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAM) MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN (Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Riau)

Doni Winarso (Universitas Muhammadiyah Riau)
Edo Arribe (Universitas Muhammadiyah Riau)
Silvia Rahmayuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2019

Abstract

Sistem Informasi Akademik (SIAM) di Universitas Muhamadiyah Riau merupakan sistem informasi akademik berbasis online yang dirancang untuk dapat memenuhi berbagai persyaratan minimum yang dibutuhkan dalam pengolahan informasi akademik. Beberapa masalah terhadap penggunaan SIAM diantaranya fitur yang belum lengkap seperti fitur kkn, terjadinya kesalahan penginputan krs pada sistem, tidak bisa menampung banyak pengguna, terjadinya traffic jammed. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesuksesan penerapan SIAM dan untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi kepuasan pengguna dan pamakaian. Perlu dilakukan analisa kesuksesan penerapan SIAM menggunakan metode Delone dan Mclean (2003) dengan 5 variabel yaitu, kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, pemakaian dan kepuasan pengguna. Penelitian ini bersifat kuantitatif, objek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau dan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel yang paling berpengaruh dalam kesuksesan penerapan SIAM adalah kualitas informasi (X2) lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sebesar 34,1% dan dominan berpengaruh terhadap pengguna sebesar 49,7%. Dikarenakan SIAM dapat menyajikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta informasi yang diberikan oleh SIAM selalu tepat waktu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) is expected to be a media of scientific study of research result, a thought and a study criticial analysis to a System engineering research, Informatics Engineering, Information Technology, Computer Engineering, Informatics Management, and ...