Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Vol 10 No 1 (2020): JURNAL FASILKOM

Sistem Rekomendasi Jurusan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru Menggunakan Algoritma C4.5

Annisa Ulfa (Universitas Muhammadiyah Riau)
Doni Winarso (Unknown)
Edo Arribe (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Pada tingkatan perguruan tinggi, seseorang belajar berdasarkan suatu bidang keahlian tertentu, sehingga output dari sebuah perguruan tinggi diharapakan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan bidang keahliannya. Salah dalam memilih jurusan kuliah biasanya disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai jurusan yang ada. Sehingga pemilihan jurusan harus dilakukan sedini mungkin dengan penuh pertimbangan. Salah satu cara dengan menggunakan sistem rekomendasi pemilihan jurusan bagi calon mahasiswa baru berdasarkan nilai sekolah, nilai tes dan jurusan sekolah menggunakan algoritma C4.5. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu sisem rekomendasi jurusan kuliah bagi calon mahasiswa baru menggunakan algoritma C4.5. Luaran penelitian ini adalah sebuah sistem rekomendasi bagi calon mahasiswa baru yang masih kebingungan dalam menentukan jurusan kuliah. Hasil evaluasi algoritma C4.5 yang dilakukan dengan menggunakan confussion matrix diapatkan tingkat akurasi sebesar 12%. Hal ini menunjukkan bahwa sistem akan gagal melakukan rekomendasi yang sesuai karena data dan variabel yang digunakan kurang mendukung namun apabila data maupun variabel yang digunakan mendukung maka sistem akan bisa melakukan rekomendasi dengan benar. Keywords: C4.5, Decision Tree, Rekomendasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) is expected to be a media of scientific study of research result, a thought and a study criticial analysis to a System engineering research, Informatics Engineering, Information Technology, Computer Engineering, Informatics Management, and ...