Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
Vol 4, No 2 (2017): Desember

Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Human Resources Scorecard Dan AHP (Studi Kasus : PT. Bella Citra Mandiri Sidoarjo)

Abdul Rosyid Sahaya (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Hana Catur Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2017

Abstract

PT. Bella Citra Mandiri Sidoarjo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan tempat tidur springbed. PT. Bella Citra Mandiri Sidoarjo saat ini menata diri menjadi perusahaan yang lebih maju, sedang berusaha mengembangkan dan meningkatkan dari segi kualitas sumber daya manusianya.Dengan metode Human Resource Scorecard dan AHP (Analytic Hierarchy Process) akan didapatkan pengukuran kinerja karyawan yang belum pernah dilakukan pada perusahaan ini. Metode Human Resources Scorecard sendiri merupakan suatu sistem pengukuran yang mengaitkan antara sumber daya manusia dengan strategi. Kemudian metode AHP digunakan dalam pengambilan keputusan kinerja karyawannya.Tujuan dari penelitian ini adalah mencari indikator kinerja karyawan serta mencari bobot dari masing – masing perspektif. Serta diberikan usulan kepada perusahaan yang dapat digunakan sebagai perbaikan kedepannya.Dari hasil penelitian didapatkan 18 KPI dari 4 perspektif yang terdiri dari perspektif finansial 4 KPI, pelanggan atau konsumen 3 KPI, proses bisnis internal 7 KPI, dan pertumbuhan dan pembelajaran 4 KPI. Kemudian dihasilkan skor terbobot dari perspektif finansial 3,341 (Sedang), pelanggan atau konsumen 3,524 (baik), proses bisnis internal 3,357 (sedang), pertumbuhan dan pembelajaran 3,38 (sedang).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (JSMB) ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print) administered by the Master of Management Faculty of Economics and Business, University of Trunojoyo Madura. This journal is here to accommodate innovative thinking of academics, researchers and ...