JIP (Jurnal Informatika Polinema)
Vol 1 No 4 (2015)

RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PENENTUAN SISWA BERPRESTASI PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SMP NEGERI 1 SANGKAPURA GRESIK

Amrullah, Afif (Unknown)
Astuti, Ely Setyo (Unknown)
Harijanto, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2017

Abstract

Dunia pendidikan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Kemajuan dunia pendidikan dapat dilihat dari banyaknya siswa yang berprestasi. Siswa berprestasi merupakan ukuran keberhasilan yang diperoleh seseorang atau siswa selama proses kegiatan belajar. Dalam pencapaian siswa berprestasi harus ada peranan dan kontribusi dari berbagai pihak seperti pemerintah maupun sekolah. Maka dibuatlah sebuah sistem aplikasi penentuan siswa berprestasi pada sistem informasi akademik di SMP Negeri 1 Sangkapura untuk mencari siswa terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Kriteria-kriteria yang dipilih yaitu rata-rata nilai pengetahuan, ratarata nilai keterampilan, rata-rata nilai sikap dan rata-rata nilai ekstrakulikuler yang diambil dari nilai raport. Setelah itu dilakukan proses penentuan ranking untuk menentukan alternatife yang optimal yaitu siswa berprestasi. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh pihak sekolah, Sistem Aplikasi Penentuan Siswa Berprestasi telah berhasil menerapkan perhitungan nilai dalam menentukan siswa berprestasi dengan hasil yang didapatkan yaitu ranking siswa berprestasi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) includes applied articles: 1. Information system, consists of design and implementation, security, theory, open source system, cloud computing, system network, mobile computing, semantic web, enterprise system, ...