Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2018)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN OPERASI PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Yeni Widiastuti (Universitas Sriwijaya)
Ratu Ilma Indra Putri (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Matematika materi pecahan dengan menggunakan pendekatan open-ended. Subjek penelitian ini adalah 31 orang siswa kelas VII D  SMP Negeri 2 Inderalaya Selatan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis, dan wawancara. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Terdapat lima kategori tingkat kemampuan berpikir kreatif yaitu sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, tidak kreatif, dan sangat tidak kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 31 siswa terdapat 3% siswa berada pada kategori sangat kreatif, 48% siswa pada kategori kreatif, 29% siswa pada kategori cukup kreatif, 10% siswa pada kategori tidak kreatif, dan 10% siswa pada kategori sangat tidak kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Inderalaya Selatan tergolong cukup kreatif

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, ...