Jurnal Syntax Transformation
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Syntax Transformation

Peningkatan Motivasi Belajar Pengelolaan Haji Melalui Model Make A Match: Studi Terhadap Siswa Kelas X RPL2 SMKN 2 Purwakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Tirwan (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Purwakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2021

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti masih dipandang sebelah mata oleh sejumlah besar siswa sehingga tidak jarang para siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya tertentu dari guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti untuk meningkatkan motivasi belajar . Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti melalui model make a match pada materi pengelolaan haji. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model dua siklus dan teknik pengumpulan data dengan tes dan non tes. Subjek penelitian siswa kelas X RPL2 semester genap SMKN 2 Purwakarta sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match mampu meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti siswa kelas X RPL2 SMKN 2 Purwakarta tahun 2018/2019, Ini ditunjukkan dari terjadinya peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti pada setiap siklua tindakan yakni dari rendah, sebanyak 50% siswa (pra tindakan) menjadi Baik, sebanyak 74% siswa (siklus1), dan Amat Baik,sebanyak 84% siswa (siklus 2).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jst

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Syntax Transformation. Jurnal syntax Transformation adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Syntax Transformation akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial sains. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ...