Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hotel yang berdiri di Semarang beberapa tahun terakhir yang membuat semakin ketat persaingan dalammembuat tamu datang kembali ke hotel atau dengan kata lain tamu tersebut loyal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel brand terhadapvariabel loyalitas, pengaruh variabel fasilitas terhadap variabel loyalitas danvariabel yang paling mempengaruhi loyalitas tamu. Populasi penelitian ini adalahseluruh tamu Novotel Semarang dan dengan teknik non random sampling diambil 100 orang sebagai responden untuk mengisi kuesioner dalam mengambil data untuk diteliti dengan menggunakan skala likert sebgai penilaian.Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda, menunjukkan bahwa pengaruh terhadap loyalitas lebih besar variabel brand daripada variabel fasililitas. Kemudian dengan hasil R square peneliti menyimpulkan bahwa fasilitas merupakan bagian daribrand sehingga tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas dan brand sendirimerupakan bagian kecil dari Novotel Semarang sehingga tidak cukup kuat untuk mempengaruhi loyalitas. Novotel Semarang sebaiknya meningkatkan fasilitas dan terus mengajak tamu untuk menjadi member Accor agar tamu semakin mengenal Kata Kunci : Brand, Fasilitas, Loyalitas
Copyrights © 2017