Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI ALLSTAY HOTEL SEMARANG

Candra, Danish Kusuma (Unknown)
Listyorini, Haniek (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara Bauran Pemasaran terhadap keputusan tamu menginap di Allstay Hotel Semarang, serta untuk mengetahui dimensi manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan tamu menginap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan analisis kuantitatif sedangkan desain penelitiaannya adalah regresi dan korelasi yang terdiri dari satu faktor atau lebih. Data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Alat dalam penelitian ini adalah, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jumlah sampel dalam penelitian merupakan responden sebanyak 89 tamu Allstay Hotel Semarang. Berdasarkan hasil SPSS, hipotesis (baik secara parsial maupun simultan) pada taraf teruji signifikansi dan positif berpengaruh dengan persamaan regresi sebagai berikut :serta terbukti bahwa dimensi Produk berpengaruh paling besar terhadap variabel Y (keputusan menginap) dengan koefisien regresi sebesar 0,506. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dari empat dimensi produk, harga, lokasi, dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan tamu menginap di Allstay Hotel Semarang. Jadi apabila bauran pemasarannya baik, maka keputusan menginap meningkat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JT

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan ...