Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
Vol 9, No 1 (2011): GEMAWISATA NOV 2011

PENGARUH METODE PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA KARYAWAN DI HOTEL SILIWANGI SEMARANG

Koestanto, Djoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Sumber Daya Manusia dengan pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan prestasi kerja di Hotel Siliwangi Semarang.            Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan sampling jenuh, yaitu seluruh karyawan Hotel Siliwangi Semarang mempunyai peluang yang sama untuk dapat terpilih menjadi sampel, dimana sampel tersebut dilakukan secara proporsional. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 54 orang karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan regresi linier berganda sebagai alat analisisnya. Uji hipotesis digunakan uji t dan uji f dengan taraf signifikan. Perhitungan menggunakan program komputer SPSS for windows.            Berdasarkan SPSS 16 for windows, hipotesis yang diajukan, yaitu ada pengaruh yang signifikan variabel Sumber Daya Manusia (X) yang terdiri dari Pendidikan (X1) dan Pelatihan (X2), terhadap Prestasi Kerja (Y), terbukti dengan tidak berpengaruhnya prestasi kerja (Y), Variabel (X) sumber daya manusia, variabel (X1) Pendidikan, variabel (X2) Pelatihan berpengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen.            Dan hasil penelitian dapat disarankan kepada suluruh karyawan Hotel Siliwangi Semarang harus paham tentang pentingnya pendidikan dan pelatihan kerja untuk karyawan, perlunya pengambangan Sumber Daya Manusia, perlunya kedisiplinan kerja karyawan, dengan adanya hal itu akan membuat hotel menjadi lebih baik dan bisa berkembang dan dapat bersaing kepada hotel-hotel lain. Kata Kunci : Pendidikan, pelatihan, SDM, prestasi kerja

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JT

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan ...