Metode bed side teachingĀ digunakanĀ untukĀ mengetahui secara mendalam dan komprehensif terhadap kasus pasien yang sedang dipelajari. Pemilihan metode yang tepat untuk pembelajaran klinik keperawatan di rumah sakit menjadi kebutuhan urgen bagi penyelenggara pendidikan keperawatan untuk memperoleh hasil belajar yang sesuai dengan kompetensi mahasiswa.Tujuan untuk mengetahui pengaruh metode bed side teaching terhadap penguasaan kasus dan kemampuan skill mahasiswa praktik klinik keperawatan antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan sampel 25 setiap kelompok.Data dianalisis dengan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode bed side teaching terhadap penguasaan kasus mahasiswa praktik klinik keperawatan kelompok kontrol dengan kelompok intervensi (p-value 0,001), sedangkan terhadap kemampuan skill tidak ditemukan perbedaan pengaruh (p-value 0,759). Hendaknya pembimbing klinik menerapkan metode bed side teaching bersamaan dengan metode yang lain untuk meningkatkan kompetensi penguasaan kasus mahasiswa keperawatan.Kata kunci: bed side teaching, penguasaan kasus, skill keperawatan
Copyrights © 2018